• Buku AIR BAGI KESEHATAN Edisi Ketiga

    Buku Air Bagi KesehatanDua pertiga permukaan bumi terdiri dari atas air, yang menggambarkan betapa pentingnya air bagi dunia. Dua pertiga (60-70%) pula tubuh manusia terdiri atas air, yang menggambarkan betapa pentingnya air bagi kehidupan manusia, namun sering lupa bahwa tubuh kita ini adalah air.

    Air mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain memberikan kesejukan dan ketenangan jiwa. Tidak percaya? Bila sedang susah, stres, atau tersinggung, coba pandangi riak-riak kecil air yang memantul sinar matahari. Atau perhatikan titik-titik air hujan membentuk cincin di genangan yang muncul lalu menghilang. Indah bukan? Akan terasa kesejukan dan kedamaian.

    Nilai filosofi ‘air’ sering tidak kita sadari. Air senantiasa berusaha mengalir, demikian juga hidup ini. Saat kita biarkan jiwa mengalir, akan terasa beban terangkat dari jiwa kita. Aliran darah seperti halnya aliran sungai, bila dibendung di suatu tempat di dalam tubuh atau ungkapan jiwa kita dihambat, maka kehidupan pun akan berhenti dan mati.

    Manusia juga seperti air yang senantiasa mencari tempat yang lebih memungkinkan sambil memberikan manfaat bagi tempat dilaluinya, meski kadang-kadang merusaknya. Dia juga selalu mengubah bentuk, beradaptasi dengan setiap keadaan dan lingkungan di mana dia berada, tak terkecuali terhadap semua tantangan di dunia.

    Dengan menyadari manfaat dan filosofi air, sewajarnyalah kita selalu memelihara dan menjaganya. Manfaatkanlah air sebaik mungkin.

    Post Tagged with
Comments are closed.